Logo

Desa Kersik

Kabupaten Kutai Kartanegara

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Bank Sampah Berseri di Desa Kersik Kecamatan Marang Kayu

13 Oktober 2022
Ditulis oleh Jumadi
Dilihat 133 kali

Progres pembangunan gedung Bank Sampah Kersik Berseri di Desa Kersik bantuan CSR Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah desa Kersik menuju desa Wisata dengan membentuk kelompok masyarakat Bank Sampah Kersik Berseri, kelompok ini diinisiasi dan dibina oleh Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT). Diharapkan dengan Kelompok Bank Sampah Berseri warga desa kersik semakin peduli dengan lingkungan serta kreatif melihat peluang usaha dan potensi di desa.
Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual di pabrik yang sudah bekerja sama. Sedangkan plastik kemasan dibeli ibu-ibu PKK setempat untuk didaur ulang menjadi barang-barang kerajinan.
Tujuan dibangunnya bank sampah sebenarnya bukan bank sampah itu sendiri. Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Jadi, bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 4R (Replace, Reduce, Reuse dan Recycle) sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.
Bank sampah juga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan. 
#md01


Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Kersik

Kecamatan Marang Kayu

Kabupaten Kutai Kartanegara

Provinsi Kalimantan Timur

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia