Logo

Desa Kersik

Kabupaten Kutai Kartanegara

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Desa Kersik Munculkan Aplikasi Desa Digital, Diskominfo Kukar Harap Jadi Contoh Untuk Wilayah Lain

7 Oktober 2022
Ditulis oleh Jumadi
Dilihat 89 kali

Insitekaltim, Kukar – Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) Kukar Dafip Haryanto mengapresiasi terobosan Desa Kersik terkait aplikasi Desa Digital. Harapannya aplikasi tersebut bisa menjadi contoh untuk daerah lain.

Dafip Haryanto mengatakan, Desa Kersik menjadi desa pertama di Kabupaten Kukar yang menciptakan aplikasi untuk memudahkan pelayanan administrasi masyarakat.

“Kita harapkan, ini bisa menular ke wilayah lain, karena memang progam digitalisasi pelayanan publik bukan hanya tingkat kabupaten, tapi hingga tingkat desa,” kata Dafip kepada MSI Group,  di Kantor Diskominfo Kukar, Kamis (6/10/2022).

Aplikasi tersebut juga diharapkan menjadi tranformasi ekonomi digital, sebab Desa Kersik memiliki potensi besar wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Apalagi di dalamnya ada pasar desanya,” ujarnya.

Ia pun menghimbau seluruh desa di Kabupaten Kukar untuk berlomba-lomba melakukan inovasi dalam membantu masyarakat baik dari segi administrasi, ekonomi bahkan kesejahteraannya.

“Setiap daerah itu memang punya ciri khas yang berbeda. Karena itu kita minta untuk lebih menonjol ciri khas itu,” jelasnya.

Ia menjelaskan, jika aplikasi tersebut dimunculkan berdasarkan kolaborasi antara pemerintah desa dengan CSR PT Pertamina  Hulu Kalimantan Timur (PHKT). Sementara Diskominfo hanya bertugas membantu membimbing pembuatan aplikasi tersebut.

“Kami bantunya itu seperti pembuatan domain saja, selebihnya inisiatif desa dan perusahaan,” tandasnya.


sumber: https://www.insitekaltim.com/desa-kersik-munculkan-aplikasi-desa-digital-diskominfo-kukar-harap-jadi-contoh-untuk-wilayah-lain/


Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Kersik

Kecamatan Marang Kayu

Kabupaten Kutai Kartanegara

Provinsi Kalimantan Timur

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia