Logo

Desa Kersik

Kabupaten Kutai Kartanegara

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

PANTAI KERSIK PUN TERSENYUM

15 Oktober 2022
Ditulis oleh Jumadi
Dilihat 66 kali

MARANGKAYU - Geliat pariwisata Kaltim ternyata bukan hanya merekah di Bontang Kuala dan sekitarnya. Keindahan Pantai Biru Kersik di Kecamatan Marangkayu, Kutai Kartanegara pun tak ragu melambaikan senyuman.

“Salah satu visi misi saya adalah pengembangan pariwisata,” ucap Kepala Desa Kersik, Jumadi menyampaikan idenya usai menerima “Buletin Kaltim Berdaulat” di Pantai Kersik, Minggu (14/11/2021).

Buletin Kaltim Berdaulat sendiri berisi berbagai informasi terkait kegiatan kegiatan Gubernur dan Wakil Gubenur serta jajaran Pemprov Kaltim di berbagai sektor.

Jumadi lantas bercerita. Desa yang ia pimpin sesungguhnya memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam itu berupa hamparan pantai yang indah, tambak, pertanian, perkebunan, dan hasil laut.

“Kami sangat memerlukan SDM dan infrastruktur. Kolaborasi keduanya. Kalau dua ini bisa dikolaborasi, maka sumber daya alam pasti akan bisa kami kelola maksimal. Berikutnya ekonomi Kersik  akan meningkat dan masyarakat sejahtera,” beber Jumadi.

Soal pantai misalnya. Desa Kersik memiliki potensi yang sangat menawan. Ibarat kata, tanpa sentuhan perencanaan yang baik pun, sudah banyak pengunjung yang datang. 

“Nah kami ingin menata, berkolaborasi dengan CSR PT PHKT (Pertamina Hulu Kalimantan Timur). Salah satu binaannya adalah Sahabat Mangrove. Ada juga Pokdarwis,” ungkapnya.

Kolaborasi juga dilakukan dengan menyatukan mereka dengan  Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) setempat. Melalui KIM ini diharapkan produk-produk UMKM dan keindahan Pantai Biru Kersik bisa terus dipromosikan melalui layanan teknologi digital dan beragam media sosial. 

“Kami rangkul semuanya. Karena kita memang perlu orang yang mengerti IT dan mengerti pemasaran. Memberi informasi kepada khalayak ramai bahwa Kersik itu punya pantai yang indah, punya mangrove dan produk-produk UMKM yang juga bisa jadi souvenir dari bahan daur ulang sampah,” jelas Jumadi lagi.

Sementara kepada para pengelola usaha di sekitar kawasan Pantai Biru, Jumadi meminta mereka agar membuka diri dan mau menerima masukan dari para pengunjung.

“Pengunjung itu kan orang yang suka jalan-jalan. Pasti banyak ilmunya. Nah, kami di sini harus mau juga mendengar masukan dari mereka, pasti akan tambah ilmu dan bisa lebih baik lagi,” sambung Jumadi. 

Pengunjung Pantai Biru Kersik umumnya berasal dari sekitar Kecamatan Marangkayu. Namun tidak sedikit juga datang dari Bontang, Kutai Timur dan Samarinda. (sul/adpimprov kaltim)

sumber: https://www.kaltimprov.go.id/berita/pantai-kersik-pun-tersenyum

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Kersik

Kecamatan Marang Kayu

Kabupaten Kutai Kartanegara

Provinsi Kalimantan Timur

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia