Logo

Desa Kersik

Kabupaten Kutai Kartanegara

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Wajah baru Transformasi Ekonomi Melalui Desa Digital

7 Oktober 2022
Ditulis oleh Administrator
Dilihat 82 kali

Kukar,infosatu.co – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara, Dafid Haryanto mengapresiasi program aplikasi desa digital dari Pemerintah Desa Kersik Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara yang bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur(PHKT), melalui dana CSR.

Dirinya mengatakan, sesuai dengan program Pemkab Kutai Kartanegara berupa digitalisasi pelayanan publik yang penerapannya sampai pada tingkat desa, aplikasi desa digital ini merupakan inovasi yang mendukung pelayanan publik di tingkat desa hingga kabupeten terintegrasi dalam satu aplikasi.

“Aplikasi desa digital akan terkoneksi dengan layanan publik yang pengurusannya mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupeten dan warga dapat mengakses secara elektronik saja,” kata Dafid Haryanto saat di temui awak media di Kantor Diskominfo Kukar, Kamis (06/10/2022).

Ia mengharapkan program desa digital di desa Kersik mampu mendorong transformasi ekonomi digital di desa serta melalui digital meningkatkan potensi ekonomi desa.

“Harapannya sektor pariwisata, UMKM, dan produk lokal desa di muat dalam aplikasi desa digital guna mendukung potensi transformasi ekonomi digital desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kersik Kecamatan Marang Kayu Jumadi menjelaskan aplikasi desa digital memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik tak terbatas ruang dan waktu.

“Memudahkan masyarakat mengakses layanan administrasi secara digital tanpa harus ke kantor atau ke tempat cukup melalui hp saja,” terangnya

Dirinya menambahkan, aplikasi tersebut tidak hanya memiliki fitur pelayanan publik dari segi administrasi seperti mengurus surat-surat, berita dan website tetapi juga memuat fitur pasar desa yang mengakomodir UMKM serta produk-produk lokal hasil desa.

“Desa digital juga memuat menu pasar desa yang terdiri UMKM serta produk-produk loka desa yang terintegrasi dalam satu aplikasi,” tandasnya.


sumber:https://www.infosatu.co/wajah-baru-transformasi-ekonomi-melalui-desa-digital/

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Kersik

Kecamatan Marang Kayu

Kabupaten Kutai Kartanegara

Provinsi Kalimantan Timur

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia