Logo

Desa Kersik

Kabupaten Kutai Kartanegara

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Warga Desa Kersik Gotong Royong di Lingkungan Bank Sampah Kersik Berseri

5 Desember 2022
Ditulis oleh Jumadi
Dilihat 235 kali

Kersik - Jumat (2/11) Warga desa Kersik melaksanakan gotong royong di lingkungan Bank Sampah Kersik Berseri. Sampah merupakan suatu masalah klasik baik di level lokal maupun nasional dinegeri ini. Produksi sampah perorangan, rumah tangga maupun industri kian meningkat dari tahun ke tahun yang tentu saja akan menumpuk dan menjadi permasalahan baru.Melihat permasalahan ini, pemerintah desa kersik berusaha mencari solusi agar sampah di desa ini tidak menimbulkan masalah baru.

Dengan menggandeng PHKT ( Pertamina Hulu Kalimantan Timur ), pemerintah desa menghadirkan bank sampah sebagai solusi kreatif  dalam mengelola serta mendaur ulang sampah yang ada di desa Kersik. Bank sampah sebagai wadah pembelajaran dan juga edukasi bagi masyarakat bagaimana mengelola sampah dan juga mendaur ulang sampah menjadi produk produk yang bernilai seni dan bernilai jual tinggi.

Bank sampah juga menampung sampah sampah plastik yang sudah di pilah dan dibersihkan oleh masyarakat, sampah sampah plastik tersebut dibeli kembali dari masyarakat. Hasil dari penjualan tersebut menjadi saldo dalam bentuk tabungan sesuai harga yang sudah ditetapkan oleh pengelola sampah. Tak ketinggalan ibu ibu PKK digandeng sebagai mitra dalam mengelola sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang menghasilkan pundi pundi rupiah.

#kimkersik

Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Kersik

Kecamatan Marang Kayu

Kabupaten Kutai Kartanegara

Provinsi Kalimantan Timur

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia